Tuesday, November 21, 2017

Penjelasan Apa itu Teknologi Blockchain ?


Apakah Blockchain teknologi baru dari internet?---- Memahami dan Mengenal Teknologi Blockchain

Blockchain adalah sebuah penemuan yang tidak dapat ditolak yang merupakan gagasan pemikiran cerdas dari seseorang atau kelompok yang dikenal dengan nama samaran, Satoshi Nakamoto. Akan tetapi sejak saat itu teknologi Blockchain telah berevolusi dan menjadi sesuatu yang besar, dan pertanyaan utama setiap orang adalah: Apakah itu Blockchain?

Dengan mengijinkan informasi digital untuk didistribusikan, akan tetapi tidak disalin, teknologi blockchain menjadikan acuan atau tulang punggung dari jenis/ tipe baru dari internet. Pada awalnya teknoogi blockchain dirancang untuk mata uang digital, Bitcoin, dan saat ini komunitas-komunitas teknologi telah menemukan kegunaan potensial lainnya dari teknologi ini.


Bitcoin disebut juga "emas digital" dan untuk alasan yang baik/ berguna. Saat ini, nilai total mata uang Bitcoin yang ada diseluruh dunia telah mendakati $9 miliar US. Dan blockchain dapat membuat jenis lain dari nilai digital mata uang tersebut. Seperti internet (atau mobil anda), anda tidak mengetahui bagaimana anda mulai menggunakannya, seperti halnya bagaimana cara kerja blockchain dan memulai untuk menggunakannya. Namun, memiliki pengetahuan dasar tentang teknologi baru ini menunjukkan mengapa anda dianggap revolusioner. Jadi, kami berharap anda menikmati tulisan ini, dalam menjelaskan apa itu Blockchain.

Apa itu teknologi Blockchain? Langkah-langkah  panduan agar siapa pun dapat mengerti Blockchain

"Blockchain adalah buku besar digital abadi transaksi ekonomi yang dapat diprogram untuk merekam transaksi, tidak hanya finansial tetapi hampir segala sesuatu yang memiliki nilai."

 “The blockchain is an incorruptible digital ledger of economic transactions that can be programmed to record not just financial transactions but virtually everything of value.”
Don & Alex Tapscott, authors Blockchain Revolution (2016)

Basis Distribusi Data

Gambar spreadsheet yang digandakan ribuan kali didalam jaringan komputer. Kemudian anda membayangkan bahwa jaringan ini dirancang untuk secara teratur memperbarui spreadsheet ini. Dengan cara ini anda memiliki pemahaman dasar tentang blockchain.


Informasi yang diselenggarakan/ ditampilkan pada blockchain ada secara bersama- dan terus-menerus berkesinambungan dan berkaitan — dengan database. Ini merupakan cara untuk menggunakan jaringan yang memiliki manfaat yang jelas. Database Blockchain tidak disimpan dalam satu lokasi, tetapi di setiap lokasi, yang berarti catatan blockchain benar-benar dapat diakses oleh umum dan dengan mudah dapat diverifikasi. Host jaringan Blockchain tercipta oleh jutaan komputer secara bersamaan, data ini dapat diakses oleh siapa pun di internet.

Untuk masuk dan memahami blockchain lebih dalam dengan menggunakan analogi Google spreadsheet, saya ingin anda membaca bagian ini yang dijelaskan dari seorang spesialis blockchain.

Blockchain seperti Dokumen Google

"Dengan cara tradisional untuk berbagi dokumen dengan kolaborasi untuk mengirim dokumen Microsoft Word ke penerima yang lain, dan meminta mereka untuk membuat revisi dokumen tersebut. Masalah dari skenario ini yaitu anda harus menunggu sampai menerima salinan kembali sebelum anda dapat melihat atau membuat perubahan lain, karena anda terkunci/ tidak dapat mengedit sampai orang lain selesai melakukan revisi dokumen tersebut. Itulah bagaimana cara kerja dari Database saat ini. Dua pemilik tidak bisa bekerja untuk mengedit rekaman dalam database secara bersamaan/ sekaligus pada satu dokumen. Itulah bagaimana Bank mempertahankan uang dalam bentuk saldo dan transfer; mereka secara singkat mengunci akses (atau mengurangi saldo) dan sementara mereka membuat transfer, kemudian memperbarui sisi lain, kemudian membuka kembali akses (atau memperbarui lagi). Dengan Google Docs atau Google spreadsheet, kedua belah pihak memiliki akses ke dokumen yang sama pada saat yang sama, dan versi tunggal dokumen itu selalu terlihat bagi mereka berdua. Seperti buku besar bersama, akan tetapi itulah yang disebut dokumen bersama. Bagian yang di distribusikan masuk dan datang ke dalam rekaman ketika berbagi dan melibatkan sejumlah orang.

Bayangkan berapa banyak dokumen-dokumen hukum harus menggunakan cara tersebut. Satu sama lain melewati mereka, kehilangan jenis/versi dalam pencarian, dan tidak sinkron/ sama dengan versi lain, mengapa tidak bisa, jika * semua * dokumen bisnis menjadi dokumen bersama, bukan harus ditransfer secara bolak-balik? Begitu banyak jenis kontrak legal yang akan ideal jika memiliki alur kerja semacam ini. Anda tidak perlu blockchain untuk berbagi dokumen, akan tetapi kita analogikan dokumen bersama adalah sesuatu yang kuat."

William Mougayar, Penasehat usaha, 4x pengusaha, pemasar, strategi dan spesialis blockchain.

Daya Tahan dan Kekuatan Blockchain

Teknologi Blockchain adalah sama halnya seperti internet yang didalamnya itu memiliki kekokohan/ ketahanan. Dengan menyimpan blok informasi yang identik dalam jaringan, maka blockchain tidak dapat:
1.      Tidak dapat dikontrol oleh entitas tunggal/ seseorang.
2.      Tidak memiliki satupun titik kegagalan.


Bitcoin diciptakan pada tahun 2008. Sejak saat itu, Blockchain Bitcoin telah beroperasi tanpa gangguan yang signifikan. (Sampai saat ini, salah satu masalah yang terkait dengan Bitcoin yaitu digunakan oleh hacking atau kesalahan pada penggunaan Bitcoin. Dengan kata lain, masalah ini datang dari niat buruk dan kesalahan manusia, namun tidak ada kekurangan dalam konsep-konsep yang mendasari kekurangan Blockchain.)
Internet itu sendiri telah terbukti bertahan lama, selama hampir 30 tahun. Ini adalah sebuah track record yang jelas baik bagi teknologi blockchain untuk terus dikembangkan.

"Sebagai revolusioner, seperti yang telah kita ketahui, Blockchain benar-benar merupakan sebuah mekanisme untuk membawa semua ke tingkat tertinggi dalam akuntabilitas. Tidak adala lagi transaksi yang tidak terjawab, apakah kesalahan manusia atau kesalahan mesin, atau bahkan suatu pertukaran yang tidak dilakukan/ tidak selesai dengan persetujuan dari pihak yang terlibat transaksi tersebut. Diatas segalanya, yang paling penting dalam bidang Blockchain, yaitu untuk membantu menjamin keabsahan transaksi oleh rekaman itu, tidak hanya pada daftar utama, akan tetapi sistem terdistribusi yang terhubung dari yang ter-registrasi, semua yang terhubung melalui mekanisme validasi yang aman."

Transparan dan Abadi


Jaringan Blockchain hidup dalam keadaan konsensus, yang secara otomatis dengan sendirinya memeriksa setiap 10 menit. Semacam audit-diri ekosistem nilai digital, Jaringan menyatukan setiap transaksi yang terjadi dalam intervalsepuluh menit. Masing-masing kelompok transaksi ini disebut sebagai "blok". Dua sifat penting ini dihasilkan dari:
1.      Transparansi data tertanam dan terkait dalam jaringan secara keseluruhan, yang menurut definisi, ini disebut umum.

2.      Itu tidak bisa merusak atau mengubah setiap unit informasi dalam blockchain yang berarti menggunakan sejumlah daya besar komputasi untuk menjalankan seluruh jaringan blockchain.
Dalam teori, ini bisa menjadi mungkin. Namun, dalam prakteknya, ini tidak mungkin terjadi. Misalnya, mengambil kendali dari sistem blockchain untuk mengambil Bitcoin, jika pun bisa dilakukan, sudah tentu berefek menghancurkan nilai bitcoin tersebut.
"Blockchain memecahkan masalah manipulasi. Ketika saya berbicara tentang hal itu di Barat (Inggris, amerika), orang mengatakan mereka percaya Google, Facebook, atau bank mereka. Tapi seluruh dunia tidak mempercayai organisasi dan perusahaan dan itu banyak — maksudku Afrika, India, Eropa Timur, atau Rusia. Ini bukan tentang tempat di mana orang-orang benar-benar kaya. Blockchain's meberikan kesempatan yang tertinggi di negara-negara yang belum mencapai tingkat (kekayaan) tersebut."

Vitalik Buterin, penemu Ethereum, Vitalik Buterin, inventor of Ethereum

Sumber: Blockgeeks


Sekian dulu penjelasan mengenai pemahaman mendasar tentang Teknologi Blockchai. Pada postingan selanjutnya akan dijelaskan juga bagaimana desentralisasi teknologi blockchain dan informasi menarik lainnya seputar blockchain. Tetap dan terus kunjungin blog ini untuk memahami informasi dunia Blockchain, Bitcoin, dan Trading Cryptocurrency. Terimakasih

Dimohon kepada pembaca untuk tidak copy paste, karena tulisan ini memiliki sumber dan hasil penulisan dari admin blog waktunyabukamata.

Jika anda ingin memberikan donasi, silahkan kirim via Dogecoin atau via Bitcoin . Terimakasih
Bandung, 21 November 2017

Share Article to

Read More News

Penjelasan Apa itu Teknologi Blockchain ?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like this Article ? Subcribe Our Article

2 comments

Tulis comments
avatar
May 2, 2019 at 3:14 PM

Terima kasih, mohon pemahaman nya pak, banyak pendapat tentang bitcoin yang bersifat negatif, tetapi saat ini bitcoin sangat digemari, mungkin karena sebagian justru berpendapat sebaliknya. mengenai artikel ini, bagaimana teknologi blockchain di indonesia dan pemahaman masyarakat tentang bitcoin saat ini? lalu bagaimana meningkatkan kepercayaan masyarakat indonesia terhadapat cryptocurrenry atau mata uang digital? terimakasih untuk pemahaman dan jawabannya pak

Reply
avatar
PoL
October 20, 2019 at 3:20 PM

The Solve Care platform is used by technologies of the blocking, that the scratching of the global global costs on the clinical and information systems, associated with the nodes of the sovereign system of the sodium heavy.

Reply